#2017Wish + Update Soal Demian

9:53 AM



Hello, first of all... Happy New Year untuk kalian semua. Nggak berasa sudah tahun 2017 aja. Hiks... Time flies really fast and without I'm realizing it... it has come to another start. :') 

Well
Karena sudah tahun 2017, we should make another goal to reach this year (sekalian nyelesaiin goal yang tahun lalu belum kekejar LOL)

Target untuk paruh awal tahun 2017 ini sebenarnya simpel saja sih, nggak banyak: 

1. Ngelarin revisi naskah novel Keobuki
2. Ngelarin tanggungan novel (semoga kelar hiks...) Maapkan saia sudah mundur dari deadline terus gara-gara sibuk ini itu. *lama-lama kena keplak editor*
3. Ngelarin satu fanfiction lagi (yeah... another BTS fanfiction. You can wait for it)
4.  Ngelarin posting teori SHORT MOVIE WINGS.
5. Menyelesaikan urusan penerbitan DEMIAN! Yuhuu.... 
dan masih banyak lagi *ternyata banyak*

Untuk target yang lain, aku akan sebutkan dalam hati saja. Hehehe.

Dan... yang kalian tunggu dari tadi... Soal Demian, well seperti yang aku pernah bilang beberapa waktu lalu di postingan HILANGNYA POST DEMIAN DARI BLOG. Aku sudah jelaskan kenapa postingan novel Demian yang kuterjemahkan ini sudah tidak ada lagi dari blogku. Itu karena terjemahan itu kini dalam proses penyelesaian perjanjian untuk diterbitkan. Saat ini overall progressnya, mungkin kalau aku boleh katakan sekitar 70% lah. Mudah-mudahan sih dalam paruh awal tahun 2017 ini sudah bisa terbit jadi kalian tidak akan menanti lama untuk menyelesaikan membaca novel ini. 

Tapi... 

Kalau aku boleh jujur, sesungguhnya aku sedikit kesal dengan beberapa orang di sini yang sepertinya tidak membaca postingan penjelasanku padahal judulnya sudah cukup jelas dan aku sudah bilang kalau postingan ini tolong dibaca. Mereka masih saja bertanya mengenai lanjutan terjemahan di blog ini. Bahkan beberapa ada pula yang dengan polosnya komen di bawah postingan itu "Kalau ada link lain untuk terjemahan ini tolong kasih tahu ya". Hmmmm.... Selain itu juga beberapa kali ada yang nge-email dan masih bertanya soal PDF. Hmmm....

Aku bukan tipikal yang mudah tersinggung. Juga paling males ngerjain sesuatu yang merepotkan tapi... komentar semacam ini, apakah pantas? 

Aku hanya berharap sih: Budayakan Membaca

Kalau untuk postingan sesederhana ini saja kalian tidak ingin untuk membacanya, bagaimana bisa kalian benar-benar memahami sesuatu apalagi memahami Demian, terlebih lagi teori WINGS? :) 

Maaf ya kalau aku sedikit frontal di sini. Semoga kalian tidak ada yang tersinggung. Kalau pun dengan begini masih ada yang tersinggung, well... I'm not responsible for your feeling. *sok kek Suga. LOL*

Kalau ada dari kalian yang merasa, "Ih, kok dulu dikasih gratis baca di sini, sekarang mau diterbitkan sih." 

Sebenarnya semenjak postingan pertamaku saat menghapus link PDF, aku sudah berkali-kali mempertimbangkan apa aku harus membukukan terjemahan ini? Apakah bisa terjemahan ini terbit? Terus aku juga sempat berpikir, ah... Orang Indonesia mah jarang yang suka beli buku.

Meskipun banyak yang menyarankan untuk bukukan saja, sebenarnya awalnya setelah postingan itu aku sempat berpikir, "Sudahlah, biarkan saja begitu. Biar pada baca saja di sini." *Daisy mah orangnya males repot. Ngurusin izin terbit itu merepotkan. LOL*

Tapi, lagi-lagi... karena beberapa orang yang hmmm... begitulah, aku jadi mengambil keputusan ini. Alasanku adalah:

Pertama dan yang paling utama, aku nggak ingin ada orang lain yang memanfaatkan terjemahanku untuk hal lain selain untuk dibaca. Aku tidak mau ada yang REPOST/MENGGUNAKAN TERJEMAHAN INI SEBAGAI REFERENSI DIA MENERJEMAHKAN DEMIAN LAGI, bahkan meskipun dia menyertakan namaku dalam postingan dia. Apalagi jika dia menggunakan terjemahan ini untuk kepentingan komersial. 

Aku sudah berulang kali membuat postingan dan menggarisbawahi mengenai hal ini, tapi lagi-lagi sepertinya orang-orang itu tidak pernah membaca. :') Sedih ya, budaya membaca orang Indonesia sangat minim. 

Yang kedua, well nggak ada alasan lain yang penting banget sih. Mengenai royalti/pemasukan yang bisa didapatkan dari terjemahan ini, sebenarnya nggak terlalu penting untukku. Kalau ada ya syukur, kalau nggak ya sudah.

Aku sering sebenarnya mempublish hasil karyaku dengan cuma-cuma di sini karena aku cuma ingin berbagi. Selama ini tidak pernah ada masalah sih, mungkin karena yang memperhatikan juga tidak banyak. Tapi untuk kali ini.... :')

Banyak pertimbangan dan hal lainnya yang benarnya membuat aku ragu sampai menunda proses terbit terjemahan ini hingga saat ini. 
 
Tapi, teman-temanku sempat bilang, "ini kan kerja kerasmu, kamu pantas buat dapat sesuatu dari itu. Menerjemahkan itu nggak gampang. Yang baca sih gampang, yang nerjemahin bisa sampai gila ngelihatin deretan huruf." 

Yang mereka katakan itu benar, ya kan? 

Banyak dari kalian yang berkomentar kalau kalian ingin berterima kasih, tapi nggak tahu caranya. Well, ini caranya. Aku berharap kalian bisa lebih menghargai dengan membaca apa yang sudah kupost di sini terutama jika itu adalah update mengenai Demian. Kalian kan main ke sini karena postingan terjemahan Demian, kan? 

Mau beli atau nggak setelah terjemahan itu dibukukan, itu terserah kalian. Kalau kalian ingin membaca lanjutannya dengan lebih mudah dan rapi dan nggak bikin mata lelah, ya kalian bisa beli. Kalau nggak, hmm... aku tidak bisa membantu mengenai hal itu. Maaf ya. :')

Akan ada lumayan banyak perubahan dalam terjemahanku kemarin, banyak juga yang dirapikan. Jadi kurasa dalam versi buku kalian akan lebih mudah memahami Demian. 

Lastly

Terima kasih untuk kalian yang masih rajin mengunjungi blogku. Masih rajin membaca setiap postinganku. Dan juga masih mau repot-repot ngepost komen untuk berterima kasih atau pun menyemangati. That really means a lot for me. Aku tahu kalau A.R.M.Y (or not), each of you is the best

Terima kasih. :)) Once again, happy new year. :)

You Might Also Like

15 comments

  1. yeah, akhirnya bisa baca lewat buku, mata agak sakit kalo pake baca pake layar haha

    ReplyDelete
  2. hopefully publish soon ya. btw, don't be too rude to reader/comenter. however they are the ones who pay attention to you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your suggestion and concern. :) It means alot. :)

      Delete
  3. Thanks,, ga sabar nunggu bukunya((:
    Semangat!!!

    ReplyDelete
  4. Ga nyangka terjemahan kakak akhirnya bisa terbit. Dulu aku cuma diem2 pengen gitu "kapan ya demian cetak lagi?" Akhirnya itu terkabul. Ku senang :""")) ku amat berterima kasih ma kakak. Bener-bener makasih banget :"") oiya kalo sudah cetak jangan lupa kasih tahu ke kami ya kak. Biar cepet2 beli :D makasih banget ini sumpah ya Allah kak. Makasih betul :"""""))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap... pasti... bisa difollow di ig shoppurpleland untuk info paling update mengenai open PO Demian, karena selain akan mengedarkan di gramedia, penerbit juga bekerja sama dengan Purple Land Shop untuk membuka pre-order. :)

      Untuk line OA bisa follow: @fsk5729i

      Delete
  5. Semangat kak! aku nunggu bukunya terbit nih, kabar-kabar ya kaak.. makasih banyaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap... pasti... bisa difollow di ig shoppurpleland untuk info paling update mengenai open PO Demian, karena selain akan mengedarkan di gramedia, penerbit juga bekerja sama dengan Purple Land Shop untuk membuka pre-order. :)

      Untuk line OA bisa follow: @fsk5729i

      Delete
  6. beneran di cetak aduh.... T-T aku bahagia loh kak, bahagia padahal gak tahu kenapa mesti bahagia denger berita ini. btw nanti ini rencana diedarkan kemana aja? seluruh gramedia atau hanya khusus domisil jawa?

    ReplyDelete
  7. sudah terbit belum kak ?? bener" nggk sabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebentar lagi. Mungkin minggu depan sudah akan open PO.

      Delete
    2. Duluan apa maksudnya? Dapatnya?

      Kalau cepat dapatnya sih gramedia tinggal datang ke toko beli bawa pulang. hehehe. Kalau PO diambil di gath BAIA bisa cepat, tapi kalau dikirim ya tergantung pengirimannya. :)

      Yang jelas PO akan dibuka terlebih dahulu. Setelah terbit baru akan dikirim. Kalau distribusi ke gramedia itu tergantung dari penerbit dan distributor. Tiap daerah berbeda-beda.

      Delete
  8. pasti novelnya bakal laris, semangat kak semoga sukses. gak sabar belinya ><

    ReplyDelete

2016 Reading Challenge

2016 Reading Challenge
Deasy has read 2 books toward her goal of 30 books.
hide